Senin, 29 April 2013

KONSEP DAN DASAR SERVICE HANDPHONE UNTUK MEMBUKA USAHA KONTER

Berikut ini tips dan konsep pembukaan Konter yang harus dipenuhi:
Mulailah berbisnis Kalau sudah punya ide dan kemauan untuk berbisnis, mulailah dari tahap paling kecil sekalipun. ada beberapa tahap persiapan yang mesti dilakukan sebelum membuka konter selular, diantaranya:
1.                  Mengenali produk yang akan dijual Produknya apa saja dibidang selular?
-          Pertama itu voucher (isi ulang) dan sudah menjadi makanan pokok pengguna hp.
-          Kedua, handphone bisa baru atau seken.
-          Ketiga aksesoris bisa casing, gantungan, sarung, lampu atau seputar aksesoris lainnya.
-          Keempat, ringtone atau download gambar.
-          Kelima, servis. Ini sangat penting untuk layanan purna jual, kalau orang beli hp dari kita.
2.                   Pemilihan lokasi, Lokasi bisa dilakukan di mall, toko pinggir jalan, atau bahkan di rumah sendiri.
3.                  Harga dan papan hargaPapan harga memang menjadi daya tarik pembeli untuk melihat outlet kita.Kalau dirasa harga yang dipasang lebih rendah atau relatih murah, maka dijamin pembeli mau mampir.Sebenarnya rata margin penjualan voucher fisik eceran ini antara seribu sampai tiga ribu rupiah saja.Rata-rata marginnya 2 ribu rupiah per voucher.Untuk daerah perumahan yang jarang pesaing atau daerah yang jauh dari distribusi voucher, kita bisa mengambil keuntungan 3 ribu.

4.                  SpandukSpanduk, umbul-umbul dan pajangan merupakan daya tarik pembeli.

5.                  SupplierBila tempat sudah ditentukan, pertanyaan yang cukup penting adalah dimanakah memperoleh voucher? Carilah diler atau grosir, bisa Anda temukan di mall-mall. Adapun jenis-jenis voucher sebagai berikut:
·         Voucher fisik. Voucher ini dicetak khusus dengan nomer seri dan nomersandi/kode/password sesuai besaran pulsa. Voucher ini biasanya bernilai nominal mulai Rp25 ribu.

·         Voucher e-pay (electronic payment). Voucher ini berbentuk kertas dan dikeluarkan oleh operator tertentu seperti Mentari, IM3, Fren, Flexy, dan lainnya. Nilai nominal voucher e-pay ini biasanya bilangan kecil antara 5 ribu s/d 25 ribu. Voucher ini hanya berupa kertas yang dicetak/print, dilengkapi nomer seri dan nomer kodenya terbuka.Untuk membeli voucher ini memang harus berhati-hati karena kodenya yang tidak ditutup, sehingga memungkinkan orang-orang yang tidak dikehendaki mengintipnya.


·         Voucher Elektrik. Voucher ini tidak berbentuk kartu atau kertas. Voucher ini hanya berupa pengaktifan kode elektonik yang hanya bisa dilakukan oleh perangkat elektronik telekomunikasi dengan bantuan server.

6.      Modal Keperluan modal ditentukan oleh seberapa besar outlet Anda. Untuk ukuran sedang, modal berjalan bisa berkisar 5 sampai 10 juta. Namun untuk memulai, modal berjalan 1 sampai 3 juta sudah cukup. Diluar modal berjalan, masih diperlukan modal lain untuk melengkapi toko.
7.      EtalaseUkuran etalase harus disesuaikan dengan lebar kios atau design outlet kita. Ukuran yang standard sekitar 1,5 meter. Bisa didapatkan di took kaca atau alumunium.
8.      AksesorisHarga aksesoris selular grosir sangatlah murah.
9.      Meja Kursi Buku
10.  Pulpen
11.   Stampel
12.  Dudukan handphone
13.  Rak Accesoris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar